Kalurahan Hargorejo

Kokap - Kulon Progo

SekilasInfo
PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO I SOSIAL MEDIA : Instagram @kalurahan_hargorejo I Twitter @pemkalhargorejo I Youtube : Kalurahan Hargorejo

Berita & Artikel

Sosialisasi Standar Pelayanan Publik Kalurahan pada Pemerintah Kalurahan Hargorejo

Lampiran

Nama dokumen lampiran yang disertai pada artikel

Hargorejo. Setelah penetapan rancangan standar pelayanan publik Kalurahan pada 24 Oktober 2025 yang lalu, pemerintah Kalurahan Hargorejo pada hari Selasa, (4/11/205) pukul 19.30 melaksanakan sosialisasi standar pelayanan publik Kalurahan. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Kalurahan Hargorejo.

Adapun peserta yang diundang sebanyak 70 orang terdiri dari unsur pamong dan staff, Bamuskal, kelembagaan serta Komunitas Informasi Masyarakat (KIM ) CETHO Hargorejo.

Menurut Bhekti Murdayanto, S.E selaku Lurah Hargorejo, pelaksanaan sosialisasi standar pelayanan publik Kalurahan menindaklanjuti Peraturan Gubernur DIY No. 40 Tahun 2023 tentang Reformasi Kalurahan dan juga menindaklanjuti Peraturan Bupati Kulon Progo No. 30 Tahun 2025.

Sebelum kegaiatan ini dilaksanakan Pemerintah Kalurahan Hargorejo sudah melaksanakan beberapa tahapan dengan masyarakat, pamong dan Bamuskal seperti penyusunan rancangan standar pelayanan publik Kalurahan, kemudian pembahasan rancangan standar pelayanan publik Kalurahan melalui FGD (Forum Group Discussion) dan Penetapan rancangan standar pelayanan publik Kalurahan.

Adapun hasil penetapan standar pelayanan publik Kalurahan yakni, 

  1. Keputusan Lurah Hargorejo No.92 Tahun 2025 tentang standar pelayanan publik untuk jenis pelayanan Surat Keterangan Usaha (SKU).
  2. Keputusan Lurah Hargorejo No.93 Tahun 2025 tentang standar pelayanan publik untuk jenis pelayanan surat rekomendasi pembelian bahan bakar minyak ( BBM) bersubsidi untuk usaha pertanian skala kecil dengan luas lahan kurang dari 2 (dua) Hektar.
  3. Keputusan Lurah Hargorejo No.94 Tahun 2025 tentang standar pelayanan publik untuk jenis pelayanan permohonan akta kelahiran, pelayanan akta kematian, dan pendaftaran Identitas Kependudukan Digital (IKD).

Dalam kesempatan tersebut Sri Widada, S.IP, M.M selaku Ketua Bamuskal Hargorejo mengatakan bahwa setelah sosialisasi ini diharapkan standar pelayanan publik Kalurahan dapat dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab, dan nantinya akan dilaksanakan evaluasi dan monitoring secara berkala untuk meningkatkan pelayanan publik prima kepada masyarakat.

Penulis : Ajru F

Editor    : Yuli S

Kirim Komentar

Nama
No. Hp
E-mail
Isi Komentar
CAPTCHA Image

Layanan Mandiri

Layanan Administrasi Penduduk Online

Kalurahan Hargorejo

Kokap - Kulon Progo

Surat Keterangan Domisili

Surat Pengantar SKCK

Surat Keterangan Usaha

Surat Keterangan Kelahiran

Surat Keterangan Kematian

Dan Lain-lainnya

Hubungi Perangkat Kalurahan untuk mendapatkan PIN anda...

Jam Kerja

Hari Mulai Selesai
Senin 07:30:00 15:45:00
Selasa 07:30:00 15:45:00
Rabu 02:30:00 15:45:00
Kamis 07:30:00 15:45:00
Jumat 07:30:00 15:30:00
Sabtu Libur
Minggu Libur

Transparansi Anggaran

APBK 2025 Pelaksanaan

Pendapatan

Realisasi:RP 4.054.319.997,56
Anggaran:Rp 4.338.322.758,00

Belanja

Realisasi:RP 2.974.863.459,00
Anggaran:Rp 4.252.189.549,00

Pembiayaan

Realisasi:RP -86.133.209,00
Anggaran:Rp -86.133.209,00

APBK 2025 Pendapatan

Hasil Usaha Kalurahan

Realisasi:RP 20.137.300,00
Anggaran:Rp 20.137.300,00

Hasil Aset Kalurahan

Realisasi:RP 93.065.632,00
Anggaran:Rp 110.590.000,00

Dana Desa

Realisasi:RP 1.521.025.000,00
Anggaran:Rp 1.521.025.000,00

Bagi Hasil Pajak Dan Retribusi

Realisasi:RP 163.548.720,00
Anggaran:Rp 251.503.243,00

Alokasi Dana Kalurahan

Realisasi:RP 955.073.719,00
Anggaran:Rp 1.126.307.115,00

Bantuan Keuangan Provinsi

Realisasi:RP 1.197.000.000,00
Anggaran:Rp 1.197.000.000,00

Penerimaan Dari Hasil Kerjasama Antar Kalurahan

Realisasi:RP 39.610.100,00
Anggaran:Rp 39.610.100,00

Penerimaan Bantuan Dari Perusahaan Yang Berlokasi Di Kalurahan

Realisasi:RP 50.000.000,00
Anggaran:Rp 60.000.000,00

Bunga Bank

Realisasi:RP 7.909.526,56
Anggaran:Rp 5.000.000,00

Lain-Lain Pendapatan Desa Yang Sah

Realisasi:RP 6.950.000,00
Anggaran:Rp 7.150.000,00

APBK 2025 Pembelanjaan

Bidang Penyelenggaran Pemerintahan Kalurahan

Realisasi:RP 1.360.835.269,00
Anggaran:Rp 1.716.760.604,00

Bidang Pelaksanaan Pembangunan Kalurahan

Realisasi:RP 839.750.495,00
Anggaran:Rp 1.159.283.470,00

Bidang Pembinaan Kemasyarakatan Kalurahan

Realisasi:RP 195.757.800,00
Anggaran:Rp 322.991.375,00

Bidang Pemberdayaan Masyarakat Kalurahan

Realisasi:RP 445.319.895,00
Anggaran:Rp 900.419.200,00

Bidang Penanggulangan Bencana, Darurat Dan Mendesak Kalurahan

Realisasi:RP 133.200.000,00
Anggaran:Rp 152.734.900,00